rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)
Belajar bersama tentang proses spermatogenesis dan oogenesis belajar bersama tentang spermatogenesis dan oogenesis

Translate to bilingual

Gametogenesis


Sebelum kalian belajar lebih dalam mengenai proses gametogenesis ada beberapa hal yang mendasar yang perlu kalian pahami. Didalam tubuh kita ada dua jenis proses pembelahan sel yaitu mitosis dan meiosis. Bila ada sel tubuh kita yang rusak maka akan terjadi proses penggantian dengan sel baru melalui proses pembelahan mitosis, sedangkan sel kelamin atau gamet sebagai agen utama dalam proses reproduksi manusia menggunakan proses pembelahan meiosis. Jadi kesimpulanya bahwa pembelahan mitosis menghasilkan sel baru yang jumlah kromosomnya sama persis dengan sel induk yang bersifat diploid (2n) yaitu 23 pasang atau 46 kromosom, sedangkan pada pembelahan meiosis jumlah kromosom pada sel baru hanya bersifat haploid (n) yaitu 23 kromosom.


Setelah kalian mempelajari tentang struktur dan fungsi dari sistem reproduksi laki-laki dan wanita, berikut ini kita akan belajar bersama mengenai proses gametogenesis. Tahukah kalian apakah yang dimadsud dengan gametogenesis?


Jika kalian belum dapat menjawabnya, perhatikan tayangan di bawah ini untuk membantu menjawab pertanyan di atas!



(video tentang gametogenesis)



Secara umum gamet atau sel kelamin mengalami perkembangan melalui tingkatan sebagai berikut :

1. Tingkatan sebagai calon

2. Tingkat perbanyakan

3. Tingkat pertumbuhan

4. Tingkat pembelahan meiosis

5. Pengeluaran sel kelamin

Agar kalian dapat lebih memahami berbagai proses tadi (spermatogenesis dan oogenesis) kalian dapat belajar lebih dalam lagi melalui blog ini!


0 komentar:

Posting Komentar

Belajar bersama tentang proses spermatogenesis dan oogenesis