rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)
Belajar bersama tentang proses spermatogenesis dan oogenesis belajar bersama tentang spermatogenesis dan oogenesis

Translate to bilingual

Sistem reproduksi wanita


Organ reproduksi wanita dibedakan menjadi organ kelamin luar dan organ kelamin dalam.

a. Organ Kelamin Dalam


perhatikanlah gambar di bawah ini!!



Gambar 2. Organ kelamin dalam wanita

(Cambel&Recee,2000)


Organ kelamin dalam terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut:

1. Indung telur (ovarium)

Ovarium merupakan organ kelamin yang berfungsi untuk menghasilkan ovum. Ovarium berjumlah sepasang dan berbentuk seperti telur. Ovarium mengandung kelenjar endokrin dan sel-sel penghasil sel telur (ovum) yang disebut folikel. Ovarium memiliki sekitar 200.000-400.000 buah sel induk telur (oogonium). Sel folikel yang sudah matang akan menghasilkan sel telur dan akan di keluarkan dari ovarium. Peristiwa pengeluaran sel telur dikenal dengan istilah ovulasi. Pada setiap ovulasi hanya satu telur yang matang dan dapat hidup 24 jam. Saat folikel tumbuh, ovarium menghasilkan estrogen, sedangkan setelah ovulasi kebanyakan menghasilkan progesteron.


2. Saluran telur (oviduk/tuba fallopi)

Saluran telur (oviduk/tuba fallopi) berjumlah sepasang, terletak di sebelah kanan dan kiri. Oviduk berfungsi untuk menyalurkan sel telur ke rahim dan tempat berlangsungnya fertilisasi. Bagian pangkal atau mulut oviduk berbentuk corong, dilengkapi dengan rumbai-rumbai pada oviduk yang disebut fimbrie.


3. Rahim (uterus)

Rahim (uterus) merupakan tempat pertumbuhan dan perkembangan janin. Manusia memiliki rahim bertipe satu ruangan (simpleks). Bagian bawah rahim yang mengecil disebut leher rahim (servik). Uterus terdiri atas tiga lapisan, yaitu lapisan terluar (perimetrium), lapisan tengah/lapisan otot (miometrium), dan lapisan dalam/selaput rahim (endometrium).


4. Vagina

Vagina merupakan bagian akhir dari saluran kelamin dalam. Dinding vagina lebih tipis daripada rahim dan banyak memiliki lipatan. Hal ini mempermudah jalan kelahiran bayi. Vagina juga banyak terdapat lendir yang dihasilkan oleh dinding vagina dan kelenjar bartholin. Sisa jaringan yang menutupi sebagian lubang vagina disebut hymen (selaput dara).



b. Organ Kelamin Luar

Organ kelamin wanita secara keseluruhan disebut vulva. Vulva dibatasi oleh lipatan kulit yang berpasangan, yaitu sepasang bibir besar (labium mayor) dan sepasang bibir kecil (labium minor). Labium mayor meluas ke belakang manyatu dan mencapai mons pubis. Mons pubis adalah bagian terluar vulva yang banyak mengandung lemak dan ditumbuhi rambut (menjelang masa puber). Tonjolan kecil didepan labium minor disebut klitoris. Pada klitoris terdapat jaringan erektil sehingga dapat bereaksi seperti halnya penis pada laki-laki. Klitoris mempunyai fungsi yang sama dengan penis, sedangkan vulva mempunyai fungsi yang sama dengan skrotum.


Setelah kalian mempelajari struktur dan fungsi dari macam-macam organ penyusun sistem reproduksi wanita di atas. Dapatkah kalian menjelaskan bagaimana sel telur (ovum) itu diproduksi? Jika kalian belum bisa menjawabnya, mari kita belajar lebih dalam lagi melalui blog ini!

1 komentar:

gametogenesis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Belajar bersama tentang proses spermatogenesis dan oogenesis