rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)
Belajar bersama tentang proses spermatogenesis dan oogenesis belajar bersama tentang spermatogenesis dan oogenesis

Translate to bilingual

Sistem reproduksi laki-laki

Perhatikan gambar di bawah ini !!

Gambar1. Organ Reproduksi Laki-laki

(gurungeblog.wordpress.com)



Ø Setelah kalian memperhatikan gambar di atas, dapatkah kalian menyebutkan macam-macam organ penyusun sistem reproduksi laki-laki?

Ø Tahukah kalian fungsi dari macam-macam organ penyusun sistem reproduksi laki-laki itu?

Ø Jika kalian belum dapat menjawabnya, mari kita belajar bersama lewat blog ini!



a. Organ Kelamin Dalam

Organ kelamin laki-laki terdiri atas testis, saluran kelamin dan kelenjar tambahan.

· Testis

Apakah yang dimadsud dengan testis itu? Testis merupakan kelenjar kelamin yang berfungsi sebagai tempat pembentukan gamet jantan (sperma) dan hormon kelamin laki-laki yang dikenal sebagai testosteron. tahukah kalian fungsi dari hormon testosteron ini? Di dalam setiap testis terdapat banyak saluran melingkar yang disusun secara rapat dan padat. Saluran tersebut dikenal sebagai tubulus seminiferus tempat berlangsungnya spermatogenesis untuk menghasilkan sperma. Testis terletak di dalam suatu kantong yang disebut skrotum. Skrotum terdapat di antara bagian atas dari kedua paha. Ini menyebabkan suhu di dalam skrotum lebih rendah daripada suhu tubuh yaitu 2-5o C suhu ini pada saat belum lahir. Suhu yang rendah ini amat penting untuk penghasilan sperma yang sehat.


· Saluran reproduksi pada laki-laki terdiri atas epididimis, vas deferens, saluran ejakulasi, dan uretra.

1. Epididimis

Saluran ini merupakan saluran yang berkelok-kelok dan panjang. Saluran ini umuranya lebih besar dari pada vas deverens. Saluran ini berfungsi menyimpan dan mematangkan sperma untuk sementara (minimal selama tiga hari).


2. Vas deferens

Saluran ini menghubungkan testis dengan kantung sperma. berfungsi sebagai penyimpanan sperma sebelum dikeluarkan melalui penis.


3. Saluran ejakulasi (ejaculatory duct)

Saluran ini berfungsi untuk menyalurkan sperma kedalam uretra.


4. Saluran Kencing (Uretra)

Uretra merupakan saluran akhir dari saluran reproduksi. Uretra terdapat di dalam penis. Saluran ini mempunyai dua fungsi, yaitu:

1. sebagai alat pengeluaran, yaitu untuk membuang urine ke luar tubuh,

2. sebagai saluran kelamin, yaitu saluran sperma.


· Kelenjar tambahan meliputi vesika seminalis, kelenjar prostat, dan kelenjar cowper.

1. Vesika seminalis

Sepasang vesika seminalis menyumbangkan sekitar 60% total volume semen. Cairan tersebut mengandung beberapa zat penting (gula fruktosa, dll) yang berfungsi untuk menyediakan sebagian besar energi yang digunakan oleh sperma (Campbell, 2000: 156).


2. Kelenjar prostat

Merupakan kelenjar berbentuk bulat yang mengelilingi bagian pangkal saluran uretra. Kelenjar ini menghasilkan cairan yang bersifat basa dan berwarna putih seperti susu. Cairan tersebut berfungsi untuk menetralkan sifat asam yang ada di dalam vagina sehingga sperma dapat bergerak aktif.


3. Kelenjar cowper / bulbouretralis

kelenjar ini menghasilkan cairan yang dinamakan cairan bulboretralis yang membawa sebagian sperma yang dikeluarkan sebelum ejakulasi , dan menetralkan sisa urinr yang bersifat asam (karena sperma akan mati jika terdapat di dalam lingkungan yang asam) yang masih tersisa didalam uretra sehingga sperma berada dalam lingkungan yang cocok untuk dia hidup.


b. Organ Kelamin Luar

Organ kelamin luar laki-laki terdiri atas penis dan skrotum. Penis merupakan organ kelamin luar yang penting untuk kopulasi. Kopulasi adalah hubungan kelamin antara laki-laki dan wanita yang bertujuan untuk memindahkan sel kelamin laki-laki (sperma) ke saluran kelamin wanita.Skrotum berfungsi sebagai pelindung testis dan tempat bergantungnya testis. Skrotum berwarna gelap dan berlipat, dan terdapat otot polos yang fungsinya adalah untuk mengatur jarak testis dengan tubuh. Jika suhu udara dingin maka akan menyebabkan skrotum mengkerut dan testis akan berada lebih dekat dengan tubuh, akibatnya suhu didalam testis akan meningkat. Sebaliknya dengan cuaca panas, dapatkah kalian menjawabnya apabila hal itu terjadi?


" Spermatozoon berbeda pengertiannya dengan semen maupun spermatozoa" dapatkah kalian menjelaskan perbedaan itu ??? "

Jawabannya adalah

Spermatozoon merupakan gamet jantan tunggal yang telah masak (melalui proses spermatogenesis) dan siap membuahi ovum

Semen merupakan nama lain dari mani yang diejakulasikan pria (terdiri dari plasma semen dan spermatozoa itu sendiri), sedangkan spermatozoa merupakan jamak spermatozoon (spermatozoon dalam jumlah yang banyak)



Setelah kalian mempelajari struktur dan fungsi dari macam-macam organ penyusun sistem reproduksi laki-laki di atas. Bagaimanakah sel kelamin laki-laki (sperma) itu diproduksi dan dimanakah proses pembentukan itu terjadi? Jika kalian belum bisa menjawabnya, mari kita belajar lebih dalam lagi melalui blog ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar bersama tentang proses spermatogenesis dan oogenesis